Negara luar seperti Malaysia dan Singapura, merupakan dua negara yang tidak hanya dikunjungi sebagai tempat berlibur, tetapi juga sebagai tempat berobat. Tidak sedikit dari warga Indonesia menjadikan dua negara tetangga ini untuk berobat. Bukan tanpa sebab orang memilih berobat ke luar negeri, biaya yang terjangkau, alat medis canggih, fasilitas lengkap, dan dokter berpengalaman dalam bidangnya menjadikannya tertarik untuk berobat. Selain itu, jarak tempuhnya pun tidak begitu jauh. Apakah diantara Anda ada juga yang tertarik berobat ke luar negeri? Jika iya, ada baiknya tidak melakukan kesalah-kesalahan berikut ini saat hendak pergi? Melakukan kesalahan ini bukan tidak mungkin akan merugikan diri sendiri nantinya. 

Membawa uang kes dalam jumlah banyak

Biaya memang menjadi salah satu hal yang dibutuhkan saat tiba disana baik untuk biaya berobat maupun memenuhi kebutuhan selama disana. Kendati perlu banyak biaya, bukan berarti harus membawa uang kes dalam jumlah besar. Membawa uang kes dalam jumlah banyak, termasuk kesalahan yang perlu dihindari saat berobat di negara orang. Bukan tidak mungkin, banyak membawa uang kes memiliki resiko besar untuk perjalanan Anda. Ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu soal estimasi biaya berobat yang dibutuhkan sebelum pergi sehingga Anda bisa membawah uang kes seperlunya saja. Jika Anda merasa takut kurang dengan uang kes yang telah diperhitungkan atau dibawa, mintalah bantuan tim Medisata. Yang mana Medisata telah bekerjasama dengan Bank Mandiri International Remmittance jadi bisa membantu transfer uang dari Indo ke MY.

Mengajak banyak rombongan

Jika tujuan Anda pergi ke luar negeri hanya untuk berobat, ada baiknya ajak 1 atau 2 orang saja. Mengajak banyak anggota keluarga, bisa mengakibatkan pemborosan lain halnya jika cuman sedikit sudah pastinya lebih hemat. Mengajak rombongan tentunya harus mencari tempat penginapan, biaya makan, dan ongkos selama di luar negeri. Dengan begitu, uang yang perlu dipersiapkan bukan hanya untuk berobat semata, melainkan juga biaya hidup anggota keluarga yang ikut mengantar. Untuk menghemat keuangan Anda sebaiknya tidak perlu mengajak banyak orang, terkecuali sambil liburan.

Melakukan perjalan tanpa mencari tahu rumah sakit dan dokter yang ditujuh

Memutuskan mencari rumah sakit dan dokter saat tiba, sudah pastinya akan memakan waktu lama karena harus mencari-cari kesana kemari terlebih dahulu. Bukan tidak mungkin pula saat tiba di rumah sakit dokter sedang cuti sehingga Anda tidak bisa ketemu. Jika begini, tentunya tidak ada hasil saat Anda tiba. Untuk meminimalisir terjadinya masalah ini, sebaiknya buat rencana terlebih dahulu rumah sakit mana dan dokter siapa yang nantinya akan ditemui dengan menggunakan jasa Medisata: Layanan Berobat ke Malaysia dan Singapura. Medisata sendiri merupakan perwakilan resmi dari beberapa rumah sakit yang ada di negara luar seperti Malaysia dan Singapura. Menggunakan jasa ini Anda akan dibantu untuk dicarikan rumah sakit dan dokter sesuai keluhan Anda. Bukan itu saja, Anda pun akan dibantu buat janji bertemu dokter agar bisa ketemu.

Meninggalkan berkas penting

Paspor, catata medis (termasuk surat dokter yang memperiksa Anda saat berobat), dan asuransi merupakan berkas-berkas penting yang kudu dibawa oleh Anda saat berobat di luar negeri. Jika Anda meninggalkan satu berkas penting saja, bisa saja membuat pengobatan menjadi tertunda lantaran ini. Oleh karena itu, disaat Anda punya keinginan berobat di luar negeri, persiapkan terlebih dahulu dari jauh-jauh hari dan pastikan semua berkas sudah berada di tas yang akan dibawa saat pergi.